top of page
  • Writer's picturePPI TIU

PRESS RELEASE: PPI TIU E-Sport Competition 2024

Tokyo, Jepang, 10 Juni 2024 - PPI TIU (Persatuan Pelajar Indonesia Tokyo International University) sukses menyelenggarakan kompetisi E-Sport untuk yang berlangsung selama dua hari, 8-9 Juni 2024. Mengingat popularitas berbagai game online di antara pelajar Indonesia di TIU, dipilih tiga game online yang dipertandingkan, yaitu “Mobile Legend”, “Valorant”, dan “FIFA”. Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelajar Indonesia di TIU yang memiliki ketertarikan dan bakat pada game online, serta menjadi kesempatan bagi mereka untuk berinteraksi dan mempererat rasa kekeluargaan.


Pada Sabtu, 8 Juni 2024, kompetisi dimulai dengan pertandingan game “Mobile Legend”. Pertandingan ini diikuti oleh tiga tim, “Ya-Team,” “Dontol,” dan “Minoritas,” yang masing-masing beranggotakan lima orang. Babak awal pertandingan “Mobile Legend” didominasi oleh tim “Dontol” yang tidak sekalipun berhasil dikalahkan oleh tim lainnya. Bahkan pada pertandingan final, tim “Dontol” berhasil menang 2-0 melawan tim “Minoritas” dengan mudah. Jusak, salah satu anggota tim “Dontol”, merasa senang dapat berpartisipasi dan memenangkan kompetisi ini tanpa persiapan apapun bersama teman-teman yang biasa menemaninya bermain. Ia sangat puas dengan performa timnya dan merasa pertandingan berjalan cukup seru. Namun, ia juga menilai bahwa kompetisi antar tim akan lebih menantang jika lebih banyak tim yang berpartisipasi.


Foto: Pertandingan Mobile Legends antara Tim 'Minoritas' dan Tim 'Dontol'


Acara berlanjut dengan pertandingan game “Valorant.” Karena hanya diikuti oleh dua tim, yaitu “Ya-Tim” dan “Cooper-Rex,” pertandingan ini memang tidak berlangsung lama, tetapi berhasil menunjukkan perlawanan yang seru dan skill yang mengesankan dari kedua belah pihak. Setelah tiga ronde, pertandingan harus berakhir dengan kemenangan telak tim “Ya-Tim” atas tim “Cooper-Rex”. Rangga, komentator dari pertandingan “Valorant” kali ini, berpendapat bahwa salah satu faktor yang mendukung kemenangan tim “Ya-Tim” adalah kemampuan bermain salah satu anggotanya, yaitu Fasya (5150), yang dinilai sangat berpengalaman dan memiliki aim yang bagus. Hal ini juga sesuai dengan pernyataan Verrel yang mengatakan bahwa ia mengajak teman-temannya yang memiliki skill terbaik saat proses memilih anggota tim “Ya-Tim.” Walau sangat menikmati jalannya pertandingan dan kemenangan yang diperoleh tim-nya, Verrel juga merasa bahwa acara ini bisa menjadi lebih kompetitif dan seru jika ada lebih banyak peserta. Kevin, yang juga merupakan anggota dari tim “Ya-Tim,” menyampaikan bahwa ia sangat senang bisa berpartisipasi dalam kompetisi ini karena ia baru mulai bermain “Valorant” sekitar 4 bulan yang lalu. Melalui kesempatan kali ini, ia bisa menambah pengalaman dan belajar banyak hal baru.


Foto: Pertandingan Valorant antara Tim 'Ya-Tim' dan Tim 'Cooper-Rex'


Keseruan tidak berhenti di hari pertama. Pada Minggu, 9 Juni 2024, PPI TIU E-Sport Competition 2024 pun berlanjut dengan game terakhir yaitu “FIFA.” Berbeda dari hari sebelumnya, kali ini pertandingan dilangsungkan secara luring. Dengan total 12 peserta, pertandingan berlangsung sangat seru dan sengit. Setelah kurang lebih 3,5 jam, pertandingan akhirnya dimenangkan oleh Kevin dengan skor ketat 3-2 melawan Rhazes. Dalam wawancara singkat, Kevin menyampaikan bahwa pertandingan ini berjalan di luar ekspektasinya, salah satunya adalah ekspektasi bahwa yang akan bertemu dengannya di final adalah Verrel. Namun sayangnya Verrel berhasil dikalahkan oleh Yotaro. Selain itu, Kevin juga merasa terkejut dengan perlawanan intens yang diberikan Adit, walaupun harus berakhir dengan skor 6-3 yang cukup jauh. Kevin menyampaikan bahwa ke depannya ia berharap akan ada lagi kesempatan seperti ini dengan peserta yang lebih banyak dan waktu yang lebih panjang.


Jangan lupa hadiri acara awarding ceremony E-sports League kali ini pada Sabtu, 22 Juni 2024 pukul 11:00 JST di Room 412, Kampus TIU Kawagoe – sambil menyaksikan acara PPI selanjutnya, Develop with Tokokudai! Ditunggu kehadirannya, teman-teman.


Video: Pertandingan FIFA antara Kevin vs. Wira | Galeri Foto: Para peserta permainan FIFA pada acara E-Sports 2024


Untuk informasi lebih lanjut:


Terima kasih atas perhatiannya.


Salam Hangat,

Theofila Jessica Shianto

Anggota Tim Biro Pers PPI TIU

54 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page