top of page
  • Writer's picturePPI TIU

PRESS RELEASE : WEEKLY WEBINAR PPI TIU X KARTIKA KHARISMAWATY


FOR IMMEDIATE RELEASE: Minggu, 11 Okt 2020 19.00 JST


Sabtu, 3 Okt 2020 pukul 16.00 JST/ 14.00 WIB sampai pukul 17.00 JST/ 15.00 WIB, PPI TIU mengadakan WEBINAR bersama Ibu Kartika Kharismawaty dengan tema “Analisa Tulisan Tangan, Maksimalkan Potensimu”. Webinar ini dilaksanakan via zoom dan live via youtube. Moderator untuk webinar ini adalah Angela Wibowo sebagai perwakilan PPI TIU. Sharing session ini diawali dengan pembukaan singkat oleh moderator mengenai profil, latar belakang pendidikan, dan prestasi yang telah diraih Ibu Kartika Kharismawaty. Kemudian, Ibu Kartika menjelaskan definisi dari psikolog, yaitu ilmu yang mempelajari kepribadian.


Ibu Kartika juga menjelaskan apa yang membentuk kepribadian seseorang dan dimana letak kepribadian seseorang. Hal ini bisa diteliti lebih dalam dengan alat F-MRI scan yang berfungsi menggambarkan resonansi magnetic fungsional yang menekankan fungsi otak dan mengukur kegiatan neuron specific yang berfungsi selama tugas kognitif seperti berpikir. Selanjutnya, Ibu Kartika membicarakan bagaimana cara mengetahui kepribadian seseorang melalui metode graphology. Graphology adalah metode dengan cara menganalisa pola tulisan tangan seseorang. “Handwriting is brainwriting,” ujar beliau, karena tulisan tangan mencerminkan apa yang terjadi di dalam otak dan pikiran seseorang. Metode ini memiliki beberapa manfaat dalam lingkup keluarga, dunia kerja, dan hukum.


Terakhir, Ibu kartika membahas mengenai tanda-tanda umum yang ada dalam graphology. Sebagai contoh, baseline tulisan dapat dikategorikan menjadi tiga: 1) jika naik maka dia tipe orang yang optimis, 2) jika turun dia tipe orang yang pesimis, dan 3) jika bergelombang maka dia orang yang moody. Ada juga tanda-tanda tulisan lainnya seperti ukuran tulisan, tekanan, zona, slant, dan margin. Indikasi goresan bisa juga dianalisis dan hasilnya dapat dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu seseorang yang melihat segala sesuatu dengan detail dan seorang pelupa. Setelah itu, webinar pun ditutup dengan pesan-pesan singkat dari Ibu Kartika.


Webinar ini adalah bagian dari kegiatan Weekly Webinar PPI TIU. Webinar ini bisa di tonton di youtube channel PPI TIU.


Terima kasih atas perhatiannya.


Salam Hangat,


Tim Biro Pers PPI TIU.

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page