top of page
  • Writer's picturePPI TIU

PRESS RELEASE : WEEKLY WEBINAR PPI TIU X KLETING TITIS WIGATI


FOR IMMEDIATE RELEASE: Sabtu, 24 Okt 2020 18.40 JST


Sabtu, 24 Okt 2020 pukul 16.00 JST/ 14.00 WIB sampai pukul 17.00 JST/ 15.00 WIB, PPI TIU mengadakan WEBINAR bersama Kleting Titis Wigati dengan tema “Menerapkan Eco-Fashion sebagai Gaya Hidup”. Webinar ini dilaksanakan via zoom dan live via youtube. Moderator untuk webinar ini adalah Naura sebagai perwakilan PPI TIU. Sharing session ini dimulai dengan suatu pertanyaan – what is sustainable fashion? Menurut narasumber, konsep ini merupakan gerakan yang mendorong perubahan dalam industri mode menuju integritas ekologis dan keadilan sosial yang memaksimalkan manfaat bagi industri fashion dan masyarakat luas. Ternyata, industri fashion merupakan polluter terbesar kedua di dunia dari segi sumber, pembuatan, dan perancangan pakaian. Sebagai contoh, dua puluh persen pencemaran air tawar global berasal dari pengolahan industri tekstil. Di Indonesia, Sungai Citarum adalah salah satu sungai yang paling tercemar akibat pengelolaan limbah yang tidak bertanggung jawab oleh pabrik garmen di sekitarnya.


Narasumber kemudian menjelaskan perubahan apa saja yang kita bisa lakukan untuk mengurangi jejak karbon industri fashion. Yang pertama, gunakan kain alternatif. Daripada menggunakan katun yang membutuhkan 2720 liter air untuk membuat satu baju, bambu adalah alternatif yang lebih ramah lingkungan dan tahan lama. Selanjutnya, carilah penggunaan untuk kain bekas dari pabrik yang biasa dibuang atau dibakar. Yang ketiga, gunakanlah pewarna tekstil yang ramah lingkungan. Misalnya, menggunakan bahan celup alami seperti pewarna Indigo yang tidak terlalu berbahaya bagi tanah dan air. Terakhir, kurangilah penggunaan air dan energi dalam manufaktur baju.


Narasumber juga mengakui bahwa jaman sekarang, banyak brands yang mencoba beralih ke ethical fashion seperti Nike, Patagonia, dan Pangaia yang hanya menggunakan fiber natural. Terakhir, narasumber menyimpulkan bahwa lifestyle yang eco-friendly itu memang kadang merepotkan, tetapi dalam jangka panjang akan membawa manfaat yang banyak. Setelah sharing session selesai, moderator membuka kesempatan untuk penonton bertanya langsung kepada narasumber.


Webinar ini adalah bagian dari kegiatan Weekly Webinar PPI TIU. Webinar ini bisa di tonton di youtube channel PPI TIU.


Terima kasih atas perhatiannya.


Salam Hangat,


Tim Biro Pers PPI TIU.

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page