top of page
  • Writer's picturePPI TIU

PRESS RELEASE : WEEKLY WEBINAR PPI TIU X WIDURI SHINTA NINGTIAS


FOR IMMEDIATE RELEASE: Senin, 2 Nov 2020 19.00 JST


Sabtu, 31 Okt 2020 pukul 15.30 JST/ 13.30 WIB sampai pukul 16.30 JST/ 14.30 WIB, PPI TIU mengadakan WEBINAR bersama Ibu Widuri Shinta Ningtias dengan tema “Depresi atau Stres? Coba Kenali Perbedaannya”. Webinar ini dilaksanakan via zoom dan live via youtube. Moderator untuk webinar ini adalah Alisha Azzahra sebagai perwakilan PPI TIU. Sharing session ini diawali dengan pembukaan mengenai profil singkat dan pengalaman Ibu Widuri dalam counseling dan guidance. Menurut Ibu Widuri, sangat penting untuk mengerti tentang kesehatan mental, terutama untuk para mahasiswa karena usia-usia mahasiswa adalah usia yang kritis. Mengapa disebut sebagai usia yang kritis? Karena sebagian orang menganggap mahasiswa sudah dapat melakukan problem-solving, nyatanya pada usia ini mereka mengalami adaptasi yang sangat besar.

Ibu Widuri mengatakan bahwa setiap manusia mempunyai kebutuhan psikis yang perlu dipenuhi. Selanjutnya narasumber menjelaskan pengertian dari stress. Stress pun juga dibagi menjadi dua bentuk, yaitu positif dan negatif. Bentuk stress negatif yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi. Narasumber juga menjelaskan faktor-faktor lain selain stress negatif yang merupakan bagian dari depresi. Kemudian narasumber menyampaikan tahapan dan ciri-ciri seseorang ketika mengalami depresi agar kita bisa lebih waspada terhadap diri sendiri dan dapat menjadi support system untuk orang lain.


Narasumber mengatakan bahwa kita tidak bisa sembarangan dalam mendiagnosa depresi atau stress. Terakhir, narasumber memberitahu mengenai tips-tips dalam menghadapi stress dan depresi. Narasumber juga memberi pesan yang sangat penting agar setiap orang belajar untuk bisa mengapresiasikan dirinya sendiri. Setelah sharing session selesai, moderator membuka kesempatan untuk penonton bertanya langsung kepada narasumber.


Webinar ini adalah puncak dari kegiatan Weekly Webinar PPI TIU. Webinar ini bisa di tonton di youtube channel PPI TIU.


Salam Hangat,


Tim Biro Pers

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page