top of page
  • Writer's picturePPI TIU

5 Manfaat Berorganisasi untuk Pelajar!

Apa sih manfaat dari mengikuti organisasi? Mengapa juga banyak pelajar yang berminat untuk mengikutinya? Apakah benar organisasi bisa membantu kita mempersiapkan diri sebelum bekerja? Di artikel ini, PPI TIU akan kasih tahu 5 kalian manfaat organisasi bagi pelajar dan beberapa tips dalam berorganisasi, yuk kita simak sama-sama!

 

“Organisasi adalah suatu kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu”


Begitulah pengertian organisasi menurut KBBI. Tentunya kata organisasi ini cukup familiar untuk kita sebagai pelajar. Ada beberapa dari kita yang pernah berpartisipasi dalam sebuah organisasi, dan mungkin aktif sampai sekarang. Nah, untuk apa sih sebenarnya kita ikut berorganisasi? Berikut ini adalah 5 manfaat berorganisasi yang terkadang kita belum sadari:


  1. Be responsible

Dalam suatu organisasi, biasanya anggotanya memiliki suatu tugas tertentu. Dan demi terjadinya keberlangsungan yang baik untuk suatu organisasi, pertanggungjawaban tiap anggota akan tugasnya itu sangat penting, lho! Untuk itu, dengan mengikuti organisasi kita bisa tahu bagaimana rasanya bertanggung jawab akan tugas yang sudah diberikan untuk kita.


  1. Grow your network

Karena organisasi merupakan sebuah kesatuan, kalian juga bisa berkenalan dengan banyak orang dengan organisasi. Nah, pasti sangat bermanfaat dong, kalau kita punya banyak kenalan yang mempunyai minat sama atau bahkan yang bisa saling tolong menolong dengan kita! Untuk kalian yang pemalu juga jangan khawatir, peran dalam organisasi sangatlah beragam, ada yang bekerja dengan berinteraksi, dan ada juga yang pekerjaannya ‘di belakang layar’ yang tidak terlalu membutuhkan kita untuk tampil terus menerus. Namun perlu diingat, bahwa dalam organisasi, kita tetap perlu berkomunikasi dengan anggota-anggota lain, ya!


  1. Boost your creativity

Nah, bagi kalian yang punya banyak ide tapi kadang bingung bagaimana untuk menyalurkan idenya, kalian bisa coba untuk join organisasi. Di sebuah organisasi, kalian bisa memberikan ide atau pendapat yang berharga bagi banyak orang. Apalagi, di kebanyakan organisasi kita bebas untuk memilih apa yang kita lakukan. Jadi kalian bisa mengembangkan kreativitas di berbagai bidang, misalnya design, editing, dan bahkan menulis artikel seperti yang kalian sedang baca sekarang ini.


  1. Teamwork and leadership

Di organisasi biasanya terdapat suatu struktur yang membuat anggotanya bekerja di dalam tim. Nah di dalam tim juga, biasanya terdapat ketua dan anggota. Untuk itu melalui organisasi kita bisa belajar untuk bekerja sesuai peran kita masing-masing, tanpa mengabaikan pendapat, masukan, dan kinerja rekan kita.


  1. Time management

Nah, mungkin banyak yang mengira semua organisasi super-sibuk dan memakan banyak waktu. Memang, menjadi anggota organisasi akan membuat kita mau memiliki pekerjaan ekstra. Jadi kalau begitu, yang perlu kita lakukan adalah mengatur jadwal kita, seperti kapan waktu untuk sekolah, bekerja, berorganisasi, maupun waktu hiburan. Memang, ini tuh easier said than done tapi inilah yang membuat kita lebih terampil, yaitu dengan berlatih cara manage time sebisa mungkin!


Untuk para pembaca yang tertarik untuk mengikuti organisasi, tips utamanya sih adalah untuk mencari organisasi yang sesuai dengan tujuan dan minat kalian. Dengan begitu, kalian jadi lebih tertarik untuk mengambil bagian dari program kerja organisasi dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Tips kedua adalah mencari peran yang berkaitan dengan studi yang sedang kalian jalani untuk mengasah diri sebelum memasuki dunia pekerjaan. 5 manfaat di atas juga sangat diperlukan lho dalam bekerja nantinya, jika kita mempunyai kesempatan untuk melatih diri, why not? Jangan dilewatkan ya! Nah, bagi teman-teman yang berminat untuk masuk organisasi PPI TIU, jangan lupa daftar ya ketika kita open requirement nanti!

Salam hangat,

Tim Biro Pers PPI TIU.

 

Sumber:

6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page