top of page
  • Writer's picturePPI TIU

Tata Cara Pemilu Indonesia 2024 di Jepang: Panduan Penting untuk Pelajar WNI TIU!

Gak kerasa ya, Pemilu 2024 sudah dalam hitungan hari!


Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia merupakan salah satu momen pesta demokrasi yang dirayakan oleh rakyat Indonesia lima tahun sekali. Tidak hanya bagi warga Indonesia yang tinggal di dalam negeri, tetapi juga bagi teman-teman yang berdomisili di luar negeri. Seperti di Jepang, proses pemungutan suara dilakukan dengan tata cara yang teratur dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan.


Nah, bagi teman-teman yang saat ini berada di Jepang dan sudah mendaftar untuk Pemilu 2024 mendatang, yuk simak informasi berikut!


Pertama, jangan lupa untuk periksa status pemilih di website https://ppln2024.tokyo. Bagi teman-teman yang sudah mendapat status ‘Menunggu Validasi’ tidak perlu khawatir, karena semua pendaftar baru setelah 20 Juni 2023 akan berstatus seperti tersebut.


Pemilu 2024 di wilayah kerja PPLN Tokyo akan dilaksanakan dengan 2 metode pilihan, yaitu:

  1. Metode Datang ke Lokasi TPS pada Hari Pemilu

Untuk metode pertama, pemilih dihimbaukan untuk hadir langsung ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN). Pemungutan suara di TPSLN Tokyo akan dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Februari 2024 di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) (4 Chome-6-6 Meguro, Meguro City, Tokyo 153-0063). Catat tanggal dan alamat-nya ya! Untuk jadwal waktu mulai dan selesainya akan diumumkan kembali, jadi simak terus sosial media PPLN Tokyo (@pplntokyo).


  1. Metode Pos*

Untuk teman-teman yang berhalangan hadir ke TPSLN Tokyo (Minggu, 11 Februari), pastinya sudah mendaftar untuk mengikuti Pemilu dengan metode pos melalui surat suara yang akan dikirim ke alamat yang terdaftar. Dengan itu, pastikan kembali alamat kalian yang terdaftar benar dan lengkap melalui website: https://ppln2024.tokyo. Untuk selanjutnya, silahkan ikuti prosedur yang tertulis di dalam surat tersebut.

*Pendaftaran Metode Pos telah ditutup pada 11 Januari 2024


Namun, bagi teman-teman yang belum terdaftar, silahkan hubungi PPLN Tokyo untuk informasi lebih lanjut.


Ayo gunakan hak bersuara kalian sebijak-bijaknya!


Untuk informasi lebih lanjut, ikuti terus postingan sosial media PPLN Tokyo di Instagram (https://www.instagram.com/pplntokyo) dan Facebook (https://www.facebook.com/PPLNTokyo2024/).


Salam Hangat,

Tim Biro Pers PPI TIU 23/24


Informasi di artikel tersebut dikumpulkan dari informasi yang telah dibagi oleh PPLN Tokyo.

Recent Posts

See All
bottom of page