top of page
  • Writer's picturePPI TIU

5 Must-Try Japanese Food

Siapa sih yang tidak pernah mendengar sushi? Pasti banyak dari kalian semua sudah tau sushi itu apa bukan? Bahkan, bisa jadi sushi adalah salah satu makanan favorit kalian! Nah, sushi adalah salah satu makanan asal Jepang yang sangat terkenal dan sudah cukup mendunia lho! Namun, selain sushi masih ada banyak makanan-makanan asal Jepang yang harus banget kalian coba! Berikut 5 makanan khas Jepang yang wajib dicoba, apalagi saat di Jepang, wajib banget untuk coba makanan-makanan ini ya!

 

1. Sushi

Sushi adalah makanan khas Jepang yang menggabungkan cuka beras dan seafood. Untuk kalian yang tidak suka ikan mentah, sushi juga hadir dengan topping lainnya seperti telur, udang, cumi, dan masih banyak lagi. Sushi saat ini sudah dapat ditemukan baik di supermarket maupun convenience store. Selain itu, kalian juga bisa membeli sushi hanya dengan harga 100 yen per piring atau setara dengan 13 ribu rupiah di beberapa restoran sushi, seperti Genki Sushi dan Kura Sushi. Nah Genki Sushi juga ada di Indonesia lho, jadi untuk teman-teman yang ingin makan sushi dengan harga murah langsung aja cobain ya!



2. Tempura

Ketika mendengar tempura, pasti langsung terbayang udang yang digoreng, bukan? Namun ternyata, tempura bisa juga berupa seafood lain, sayuran, atau bahan-bahan lainnya yang dicelupkan dalam tepung dan telur lalu digoreng. Tempura ini biasanya dimakan dengan saus tentsuyu. Tempura juga bisa kamu temukan di supermarket, lho!



3. Ramen

Ramen adalah salah makanan yang juga sudah sangat mendunia seperti sushi. Sup ramen pada awalnya terbuat dari tulang ayam, namun seiring berjalannya waktu sup ramen dibuat dari daging dan seafood. Rasa sup ramen pun juga sangat beragam mulai dari rasa soy sauce, miso, dan masih banyak lagi. Ada juga jenis ramen yang antara sup dan mie disajikan terpisah, yang disebut dengan tsukumen. Menarik sekali bukan?



4. Curry

Mungkin sebagian dari kalian mengenal kari yang berasal dari India, tapi Jepang juga punya kari lho! Berbagai jenis sayuran dan daging digunakan untuk membuat kari Jepang. Hidangan ini biasanya disajikan dalam 3 bentuk utama, yaitu: nasi kari, udon kari, dan kare pan (roti isi kari). Tiga sayuran utama yang biasa ditemukan dalam kari adalah wortel, bawang bombay, dan kentang.



5. Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah makanan yang merupakan penggabungan sayur, daging, seafood, dan bahan lainnya kedalam campuran tepung terigu dan telur yang lalu dimasak di hot plate. Okonomiyaki juga biasa disajikan dengan saus khusus dan mayonaise yang membuatnya semakin enak! Di beberapa restoran di Jepang kalian bisa langsung mencoba sendiri membuat okonomiyaki, namun kalian tidak perlu takut karena staff restoran dengan senang hati akan membantu memasakannya untuk kalian. Wah, pengalaman yang sangat menarik bukan? Kapan lagi kalian bisa belajar membuat okonomiyaki? Karena itu, jangan sampai lupa mencoba hidangan ini ya!



Nah, itulah beberapa masakan khas Jepang yang sangat menarik. Selain enak, beberapa makanan tersebut juga sangat mudah kalian temukan dan terkadang kalian bisa menemukannya dengan harga yang terjangkau. Untuk kalian yang mau tau lebih banyak lagi mengenai masakan-masakan Jepang enak lainnya dapat langsung cek di sini ya!

Salam Hangat,

Tim Biro Pers PPI TIU.

 

Sumber:

4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page