top of page
  • Writer's picturePPI TIU

Kondisi Covid-19 di Jepang Saat Ini

Updated: Apr 1, 2022

Kondisi pandemi COVID-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun lamanya. Keadaan di berbagai negara pun berbeda-beda. Kira-kira bagaimana ya keadaan di Jepang! Apakah keadaan semakin membaik? Apakah border akan segera dibuka?

 

Sudah lebih dari satu tahun pandemi COVID-19 berlangsung di dunia sampai sekarang. Hal ini turut membuat beberapa negara di dunia melarang masuknya warga negara asing ke negara mereka. Nah, salah satunya termasuk negara Jepang. Pada awalnya di tanggal 8 November 2021, pemerintah Jepang melonggarkan aturan mengenai masuknya warga negara asing. Namun, dikarenakan munculnya varian baru Omicron pada saat itu, Jepang pun terpaksa menutup kembali border mereka.


Seiring berjalannya waktu, dimulai dari bulan Januari 2022 angka kasus COVID-19 di Jepang pun meningkat. Nah, kenaikan kasus tersebut juga disebabkan oleh penundaan vaksin booster. Tapi, teman-teman tidak perlu khawatir ada berita baik lho! Berita baiknya adalah dari tanggal 21 Februari yang lalu, vaksin booster sudah mulai diberikan kepada mahasiswa.


Universitas Hiroshima menjadi universitas pertama yang mendapat kesempatan tersebut. Untuk universitas-universitas di Tokyo, booster akan diberikan mulai dari 1 Maret hingga April. Nah, untuk teman-teman yang berada di Jepang kalian jangan lupa untuk tetap update mengenai berita ini ya! Kalian bisa juga membaca berita selengkapnya di sini.


Untuk teman-teman yang masih berada di Indonesia, kalian tidak perlu khawatir karena ada berita baik juga lho! Perdana Menteri, Fumio Kishida mengatakan bahwa Jepang akan mulai membuka border pada tanggal 1 Maret bagi pekerja, pelajar internasional, pertukaran pelajar, dll. Namun hingga saat ini, turis masih dilarang untuk memasuki Jepang. Selain itu, peraturan karantina yang awalnya selama tujuh hari akan diperpendek menjadi tiga hari bagi pendatang dengan hasil PCR negatif dan sudah booster.

Nah, semoga berita di atas dapat bermanfaat ya teman-teman! Jangan lupa untuk tetap update dengan berita-berita dari kami ya! Terakhir, ada 1 hal yang harus selalu kita ingat yaitu untuk selalu mematuhi protokol kesehatan demi kenyaman bersama. Untuk informasi selengkapnya mengenai berita di atas dapat dilihat di link berikut!



Salam Hangat,


Tim Biro Pers PPI TIU


13 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page