top of page
  • Writer's picturePPI TIU

Teamwork 101

Kita seringkali diperhadapkan dengan situasi dimana kita harus bekerja sama dengan orang lain. Mungkin di kerja kelompok, organisasi sampai ketika bekerja. Jadi gimana sih caranya agar kita bisa bekerja bersama orang lain secara efektif, bahkan ketika kita merasa bahwa kita ‘tidak cocok’ dengan rekan kerja kita? Dan bagaimana juga cara menjadi team leader dan team player yang baik? Yuk kita simak bersama-sama di artikel ini!

 

“Teamwork makes the dream work.”

Begitu kata orang orang. Eh, tapi bagaimana mau mencapai tujuan kalau misalkan kerja sama saja masih bentrok terus? Bagaimana mencapai kesuksesan kalau masih saling canggung? Apalagi terkadang, situasi dimana kita harus bekerja sama dengan orang lain itu tak bisa dihindarkan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk membangun teamwork yang efektif:

  1. Komunikasi dan Partisipasi

Dalam teamwork, semua anggota tim berhak untuk mengkomunikasikan pikiran, opini, ide dan perasaannya secara terbuka dan sopan. Anggota yang lain juga berhak untuk menanggapi input yang diberikan. Dan semua keputusan yang dibuat sebaiknya dibicarakan bersama-sama dengan semua anggota tim. Partisipasi dari semua anggota tim dalam membuat suatu keputusan akan mendorong tiap anggota untuk mau mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.


2. Membagi peran dan tugas


Tentunya tidak adil jika satu orang mengerjakan semua tugas sendirian, dan akan sangat membingungkan jika tidak ada pembagian tugas yang jelas antar anggota tim. Jadi, bagaimana caranya untuk menyeimbangkan semuanya? Caranya adalah dengan berunding. Masing-masing anggota bisa berdiskusi dan memilih bagian apa yang mereka inginkan, dan mau bertanggung jawab terhadap tim untuk menyelesaikan tugas tersebut. Supaya adil, pembagian tugas bisa dilakukan berdasarkan atas minat, kemampuan, dan ketersediaan waktu dan sumber daya tiap anggota.


3. Menentukan tujuan yang jelas


Biasanya tim dibentuk setelah mendapatkan suatu goal, namun terkadang anggota tim kebingungan untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, para member tim bisa menentukan hal-hal apa saja yang mereka ingin capai untuk jangka waktu tertentu. Ingat bahwa goal tersebut bisa dipisahkan berdasarkan urgensi, tingkat kesulitan, dan batas waktu. Tujuan yang paling penting untuk diselesaikan pertama adalah yang urgent dan mendesak, sehingga hal tersebut bisa menjadi prioritas utama anggota tim.


4. Evaluasi bersama


“Sudah capek-capek membuat tugas, malah disuruh revisi…”

Hmm, pastinya tidak enak jika hasil kerja keras kita dianggap kurang memuaskan. Lantas, kita bisa meminta feedback atau masukan dari sesama anggota tim. Hal ini bukanlah merepotkan dan membuat kita seakan tidak mampu melakukan tugas kita sendiri, tetapi hal ini adalah cara yang jitu untuk mencegah kesalahan fatal dalam pekerjaan kita. Evaluasi ini dilakukan bergantian, kok! Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberikan saran yang membangun kepada teman satu tim dan juga harus terbuka dalam menerima input dari mereka.


Nah, begitulah sedikit tips dan cara membangun teamwork yang baik dan efisien. Perlu diingat bahwa satu tim bisa saja berisi orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan memiliki tingkat kreativitas yang beragam. Perbedaan adalah hal yang indah, tetapi selalu ingat bahwa ada satu tujuan yang perlu dicapai. Apalagi di TIU (Tokyo International University), yang mahasiswa/i-nya berasal dari berbagai negara dari segala penjuru dunia. Saling menghargai juga merupakan salah satu kunci untuk mendukung kinerja tim, ya! Sebagai penutup, menjadi leader ataupun anggota tim yang baik adalah skill yang sangat krusial dalam pekerjaan kita sehari-hari. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk selalu mencoba menjadi pemimpin yang komunikatif dan anggota yang aktif di tiap kesempatan yang ada.


Salam Hangat,

Tim Biro Pers PPI TIU.


14 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page